Jokowi Jengkel Belanja Negara Masih Rendah Jelang Akhir Tahun

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 22:14
jokowi, apbn, anggaran
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan agar para pembantunya agar mempercepat belanja negara. Kepala Negara menyoroti lambatnya Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk membelanjakan anggaran.

Presiden Widodo mencatat realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baru mencapai 62,5% hingga saat ini. Adapun, realisasi belanja modal baru mencapai 45,8%.

"Belanja barang dan jasa masih sangat rendah,  termasuk Bansos," ujar Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna, Selasa (11/10) dan diunggah di Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (12/10).

Jokowi menigmbau Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memperhatikan dampak dari gejolak ekonomi terhadap angka kemiskinan. Kepala Negara menekankan agar penyaluran Bansos harus dilakukan secara teliti.

"Kalau memang kurang, kita rapatkan lagi, kita meeting-kan lagi seperti apa solusinya," kata Presiden Widodo.

Presiden Jokowi meminta kepada menteri koordinator untuk memperkuat konsolidasi yang ada di bawahnya. Menurutnya, hal tersebut penting agar pemerintah dapat mengurus dampak perlambatan ekonomi dunia.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...