Pandemi Mereda, Jokowi Ingatkan Pelaku Industri Ritel Ikuti Zaman

Andi M. Arief
13 Oktober 2022, 15:28
jokowi, ritel, pandemi
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik Wavin di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10). Foto: Rizky Alika

Presiden Joko Widodo mengingatkan industri ritel harus mengikuti perubahan zaman agar dapat bisa bertahan. Menurutnya, digitalisasi menjadi kunci agar pelaku industri ritel konvensional dapat mengikuti perubahan tren konsumsi konsumen.

Kepala Negara menyampaikan penurunan performa industri ritel saat ini bukan hanya karena pandemi Covid-19. Presiden Widodo menilai perkembangan beberapa platform digital saat ini menandakan ada perubahan perilaku konsumen.

"Sekarang orang masuk ke platform-platform digital. Persaingannya ada di situ. Jadi, kalau usaha-usaha ritel tidak menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, itu yang harus dikerjakan," kata Jokowi di Bandung, Kamis (13/10).

Penjelasan Jokowi diberikan untuk menjawab pertanyaan awak media soal lesunya ritel meski Covid-19 mereda. Presiden mengatakan perusahaan teknologi saat ini mempercepat konsumen dalam berbelanja. Hal ini ditopang dengan adanya pengiriman langsung ke rumah hingga promo bebas ongkos kirim.

Sebelumnya, Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira memprediksi pola belanja masyarakat berubah saat pandemi Covid-19 usai. Menurutnya, konsumen akan berbelanja di toko fisik, namun tetap bertransaksi secara daring di e-commerce.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...