Daftar Proyek Raksasa Era 5 Tahun Kepemimpinan Anies

Ameidyo Daud Nasution
13 Oktober 2022, 16:22
anies, anies baswedan, infrastruktur, jis, lrt, formula e
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersalaman dengan warga saat meresmikan Kampung Susun Bayam di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyelesaikan jabatannya pada Sabtu (16/9). Dalam masa jabatannya sejak 2017, ia telah menyelesaikan beberapa proyek besar di ibu kota.

Proyek tersebut tersebar mulai dari stadion olahraga, pemukiman, hingga transportasi. Proyek terbaru adalah Kampung Susun Bayam di Tanjung Priok yang diresmikan Anies pada Rabu (12/10).

Kampung tersebut dibangun bagi masyarakat yang digusur untuk pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Adapun, JIS merupakan proyek mercusuar Anies yang dijanjikan terlaksana pada masa kepemimpinannya.

Adapun, proyek lainnya yang rampung di era Anies adalah Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta yang awalnya dibangun untuk menopang pelaksanaan Asian Games 2018. Dikutip dari berbagai pemberitaan, ini daftar proyek yang rampung era mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu:

Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadium (JIS) merupakan proyek yang menjadi janji Anies saat kampanye. Proyek yang dibangun pada 14 Juni 2019 ini rampung pada Juli 2022.

PROGRES PEMBANGUNAN JIS
PROGRES PEMBANGUNAN JIS (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.)

Meski demikian, pembangunan JIS bukan tanpa hambatan. Proyek ini sejak bertahun-tahun lalu terganjal masalah perencanaan hingga lahan. Tak hanya itu, anggaran pembangunan stadion senilai Rp 4,4 triliun ini juga sempat dipermasalahkan karena menggunana dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

LRT Jakarta

Proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta juga merupakan proyek raksasa yang rampung di era Anies. Meski demikian, proyek ini sebenarnya dimulai pada era Basuki Tjahaja Purnama pada September 2015.

Proyek senilai Rp 5,2 triliun ini menghubungkan Pegangsaan Dua di Jakarta Utara dengan Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur. Pekerjaan proyek yang awalnya dibangun untuk keperluan Asian Games ini molor hingga Juni 2019.

Formula E

Proyek lain yang menjadi andalan Anies adalah penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E. Ajang yang digelar pada 4 Juni 2022 ini direncanakan sejak sebelum pandemi yakni 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...