Jokowi Lantik Pengelola Dana Haji 2022-2027, Ini Daftarnya

Andi M. Arief
17 Oktober 2022, 16:26
bpkh, jokowi, dana haji
Antara
Presiden Joko Widodo melantik pengurus BPKH di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/10). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah melantik 14 pejabat Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) hari ini, Senin (17/10). Adapun, Anggota Badan Pelaksana BPKH yang dilantik hari ini merupakan campuran dari pejabat pemerintah dan praktisi industri finansial. 

Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf mengatakan kombinasi tersebut dapat mempercepat kerja organisasi BPKH saat ini. Pasalnya, orientasi Badan Pelaksana BPKH yang berasal dari praktisi industri finansial dapat lebih cepat. 

"Kami bersyukur ada tiga orang dari dalam pemerintahan, ada Pak Harry Alexander, Pak Acep Riana Jayaprawira, dan Pak Indra Gunawan," kata Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf di Kompleks Istana Merdeka, Senin (17/10). 

Amri mengatakan kepengurusan BPKH periode 2022-2027 akan tetap mengaju pada tiga tujuan, yakni meningkatkan kualitas ibadah haji, efisiensi operasional penyelenggaraan ibadah haji, dan meningkatkan kemaslahatan umat. 

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan kepengurusannya akan mendekatkan proses kerja antara Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas. Koordinasi akan dilakukan demi memaksimalkan nilai manfaat dari investasi yang dilakukan BPKH. 

Alexander mengatakan salah satu strategi investasi yang akan diterapkan pada periode ini adalah memaksimalkan porsi investasi langsung. Adapun, kuota investasi langsung dalam portofolio BPKH ditetapkan maksimal 30%. 

Oleh karena itu, Alexander mengatakan BPKH akan bekerja dengan pemerintah dan legislator untuk memperkuat kerangka hukum investasi langsung di masa depan. 

"Kita akan terus bekerja dengan DPR dan pemerintah agar kerangka hukum  lebih kuat, lebih aman, dan untuk kesejahteraan jamaah haji,"kata Alexander. 

Salah satu nama yang dilantik adalah Fadlul Imansyah. Fadlul adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia sekaligus Chief Investment Officer di Avrist Asset Management.

 Berikut Anggota Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH periode 2022-2027:

Badan Pelaksana 

1. Fadlul Imansyah

2. Indra Gunawan,

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...