Kunjungi Babel, Jokowi Blusukan ke Proyek Smelter Baru PT Timah

Andi M. Arief
20 Oktober 2022, 10:49
timah, jokowi, smelter
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) mendapatkan penjelasan dari Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi (kanan) saat meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, (13/10/2022).

Presiden Joko Widodo akan mengunjungi salah satu smelter PT Timah Tbk yang sedang dibangun di Bangka Belitung. Fasilitas produksi yang dimaksud adalah Top Submerged Lance atau TSL Ausmelt Furnace.

Sebagai informasi, pembangunan TSL Ausmelt Furnace telah dimulai pada 2019. Adapun, konstruksi fasilitas produksi tersebut dilakukan oleh PT Wijaya Karya Tbk dan Outotec Pty Ltd.

"Presiden akan melanjutkan perjalanan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Bangka Barat. Di sana, Presiden Jokowi diagendakan untuk meninjau pembangunan Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt PT Timah Tbk," seperti tertulis dalam laman resmi Sekretariat Presiden, Kamis (20/10).

Dari informasi dalam laman Total Materia, Ausmelt merupakan perusahaan utama yang dapat memasok TSL Ausmelt Furnace di dunia. TSL Ausmelt Furnace umumnya digunakan oleh produsen tembaga, timah, timah, nikel, logam golongan platinum, seng, dan logam besi.

Korea Zinc Co Ltd tercatat menjadi perusahaan pelanggan Ausmelt. Total Materia mendata Korea Zinc telah memiliki lima unit TSL Ausmelt Furnace dengan total kapasitas produksi 510.000 ton per tahun.

Sementara itu, TSL Ausmelt Furnace dengan kapasitas terbesar mencapai 200.000 ton di Zhong Tiao Shan yang dimiliki oleh China North Industrial Equipment Co Ltd. TSL Ausmelt Furnace yang saat ini dibangun untuk PT Timah memiliki kapasitas produksi sekitar 40.000 ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...