Marak Gagal Ginjal Akut, Jokowi Akan Perketat Pengawasan Industri Obat

Ameidyo Daud Nasution
22 Oktober 2022, 15:27
jokowi, obat, etilen glikol, gagal ginjal akut
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan meninjau pembangunan smelter baru yang dimiliki PT Timah Tbk di Kabupaten Bangka Barat, pada Kamis, (20/10/2022).

Presiden Joko Widodo memerintahkan agar ada pengetatan pengawasan obat terkait munculnya kasus gangguan ginjal akut. Penyakit ini telah menyerang 241 orang, sebanyak 133 meninggal.

Buntut dari banyaknya pasien, Kementerian Kesehatan terpaksa melarang sementara penggunaan obat sirop. Ini karena adanya cemaran etilen glikol dan dietilen glikol.

"Yang paling penting pengawasan terhadap industri obat harus diperketat lagi, tugas semuanya," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (22/10) seperti dikutip dari Antara.

Kementerian Kesehatan telah menyimpulkan penyebab kematian 133 dari 241 pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan penyebab kematian karena konsumsi dua zat kimia beracun yakni etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

EG dan DEG diduga digunakan produsen obat sebagai pengganti gliserin untuk melarutkan obat dan mencegah pembekuan.  Budi menjelaskan dua zat kimia beracun itu menyebabkan kondisi pasien memburuk secara drastis setelah lima hari pertama. 

Dia menjelaskan masuknya EG maupun DEG ke dalam tubuh akan memicu metabolisme tubuh dan mengubah zat tersebut menjadi Asam Oksalat. Asam tersebut pada akhirnya akan masuk ke dalam ginjal dan berubah menjadi Kalsium Oksalat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...