Jokowi Resmi Lantik Johanis Tanak Sebagai Wakil Ketua KPK

Andi M. Arief
28 Oktober 2022, 11:28
johanis tanak, kpk, jokowi
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan selamat kepada Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak yang baru dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (28/10/2022). Presiden Joko Widodo melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK sisa masa jabatan 2019-2023 menggantikan Lili Pintauli yang mengundurkan diri.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sisa masa jabatan hingga 2023. Johanis menggantikan Lili Pintauli yang mundur pada 11 Juli 2022 lalu.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (28//10) pukul 09.30 WIB. Prosesi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, pembacaan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Johanis, dan sumpah jabatan.

"Saya berjanji dalam melakukan sesuatu dalam tugas tidak sekali-kali akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapa pun," kata Johanis mengulang sumpah yang dibacakan Jokowi.

Berdasarkan pengamatan Katadata.co.id, Pelantikan Johanis dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua KPK Firli Bahuri. Hadir pula Kepala Kepolisian Listyo Sigit Prabowo, dan Anggota Dewan Pengawas KPK, seperti Albertina Ho, Harjono, dan Syamsuddin Haris.

Johanis juga memberikan komentar usai dirinya resmi menjadi Wakil Ketua KPK. "Komitmen saya tentunya sama dengan komitmen teman-teman yang lain. Kalau kita mengatakan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tentunya tidak akan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sebelum dilantik, Johanis telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat bersama auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara. Johanis terpilih dalam uji kepatutan dan ditetapkan sebagai calon pimpinan KPK dalam sidang paripurna DPR pada 29 September 2022.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...