Periksa Lukas Enembe, Ketua KPK Firli Akan Terbang ke Papua

Andi M. Arief
28 Oktober 2022, 13:00
lukas enembe, kpk, firli bahuri
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK akan terbang ke Papua untuk memeriksa kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe. Sebagai informasi, Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD dan gratifikasi senilai Rp 1 miliar.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan telah melakukan persiapan dalam menjaring Enembe. Namun, komisi antirasuah akan menjunjung hak asasi manusia dalam proses penjaringan tersebut.

"Waktunya belum bisa dipastikan kapan, tapi saya pasti akan ke sana. Tim penyidik maupun tim ikatan dokter sudah ke sana," kata Firli di Kompleks Istana Merdeka, Jumat (28/10).

Firli mengatakan masyarakat Papua telah menyambut baik tim penyidik KPK dan tim dokter yang datang ke Bumi Cendrawasih. Dia juga mengatakan tujuan tim yang datang adalah menegakkan hukum sekaligus memastikan kondisi kesehatan Enembe.

Firli mengatakan berdasarkan keterangan dokter, Enembe masih dalam keadaan sakit. Makanya KPK akan memprioritaskan memulihkan kesehatan Enembe.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...