Beasiswa Kemenag Belum Cair, Mahasiswa RI Kesulitan Hidup di Australia

Ameidyo Daud Nasution
29 Oktober 2022, 08:40
beasiswa, mahasiswa, australia
Istimewa
Pertemuan mahasiswa dengan perwakilan RI di Australia untuk membahas beasiswa Kemenag yang tak kunjung turun. Foto: Istimewa

Para mahasiwa penerima beasiswa dari Kementerian Agama atau MORA 5000 Doktor-LPDP di Australia mendatangi perwakilan pemerintah yang berada di seluruh negara bagian Australia pada Jumat (28/10). Hal tersebut karena hampir sembilan bulan mereka tak menerima pencairan uang beasiswa yang seharusnya diterima.

Ada 80 orang mahasiswa penerima beasiswa MORA 5000 Doktor-LPDP yang berada di Australia. Mereka bergerak serentak ke perwakilan RI yang berada di Canberra, Sydney, Melbourne, hingga Perth untuk mengadukan nasibnya.

Perwakilan penerima beasiswa yang berada di Sydney, Imam Malik Riduan mengatakan dirinya dalam kondisi sulit sejak 2021 karena uang beasiswa tak kunjung cair. Akhirnya, ia terpaksa kuliah sambil bekerja untuk menalangi kebutuhan sehari-hari.

"Sementara biaya hidup dan akomodasi di Australia naik karena krisis global," kata Imam dalam keterangan tertulis, Jumat (28/10).

Tujuan aksi ini adalah meminta Duta Besar RI untuk Australia menyampaikan pesan mahasiswa ini kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Mereka mengatakan Kementerian Agama hingga saat ini belum mentransfer komponen beasiswa seperti tunjangan hidup bulanan, SPP atau tuition fee, biaya melakukan riset, keikutsertaan konferensi, tunjangan keluarga serta buku.

Para mahasiswa merasa keterlambatan proses pencairan tidak wajar karena komunikasi dengan Kementerian Agama serta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah berlangsung berkali-kali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...