Mantan Menkeu dan Kepala BPPN Bambang Subianto Meninggal Dunia

Ameidyo Daud Nasution
4 November 2022, 19:03
Mantan Menteri Keuangan Bambang Subianto. Foto: Antara.
Antara
Mantan Menteri Keuangan Bambang Subianto. Foto: Antara.

Kabar duka datang dari lingkungan Kementerian Keuangan. Menteri Keuangan era 2008-2009, Bambang Subianto meninggal dunia pada hari ini pada usia 77 tahun.

Bambang berpulang pada pukul 16.54 WIB usai menjalani perawatan di Pondok Indah. Jenazah tokoh kelahiran 10 Januari 1945 itu akan disemayamkan di kediamannya di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

"Telah berpulang dengan tenang di hari Jumat, 4 November 2022 jam 16:54 di RS Pondok Indah, Bambang Subianto bin Ikhsan Kamil," demikian bunyi pesan yang beredar pada Jumat (4/11) dikutip dari Antara.

Tokoh kelahiran Madiun ini merupakan lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973. Usai lulus, Bambang bekerja sebagai peneliti di Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Dua tahun kemudian, ia resmi menjadi dosen FE UI dan melanjutkan pendidikannya di Kathilike Universiteit van Leuven, Belgia. Tahun 1981, Bambang mendapatkan gelar MBA Keuangan Perusahaan dan Ekonomi Bisnis. Tahun 1984, ia meraih gelar Doktor bidang Organisasi Industri.

Ia lalu kembali ke Indonesia untuk melanjutkan tugasnya di FE UI. Karirnya beralih pada 1988 saat Bambang bergabung dengan Kementerian Keuangan dan menjadi Direktur Institut Keuangan dan Akuntansi.

Berselang empat tahun, dia ditunjuk sebagai Direktur Jenderal Lembaga Keuangan. Tahun 1998, saat gejala krisis ekonomi muai terlihat,Bambang menjadi Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pertama.

Saat BJ Habibie menjadi Presiden, Bambang lalu ditunjuk sebagai Menteri Keuangan menggantikan Fuad Bawazier. Hanya setahun mengemban jabatan di kabinet, dia lalu menjadi partner di Ernst & Young pada Juli 2020.

Ia lalu melanjutkan karirnya di korporasi sebagai komisaris PT Unilever Indonesia, PT Jamsostek, hingga PT Star Energy Investment.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...