KIB Bidik Ganjar, PDIP Serahkan Keputusan Akhir ke Tangan Megawati

Ade Rosman
4 November 2022, 22:19
ganjar, pdip, kib
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) menunjukan surat instruksi partai disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat memberikan keterangan pers usai pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mulai intens melirik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan hal tersebut merupakan hal biasa dalam politik.

Meski demikian, ia mengatakan keputusan akhir perihal Ganjar ada pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Ya kan masih ada waktu, Bu Mega nanti yang memutuskan," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (4/11).

Ia mengatakan, saat ini PDIP tengah sibuk mempersiapkan HUT ke-50 PDIP sembari konsolidasi politik. Kader partai tersebut juga tengah sibuk untuk turun ke tengah masyarakat menyerap aspirasi.

"Pada momentum yang tepat akan diambil keputusan oleh bu Mega," katanya.

Selain itu, terkait kabar akan bertambahnya satu parpol dalam koalisi PKB-Gerindra, Hasto tidak berkomentar terlalu jauh. Meski demikian, ia berpendapat hal itu bagus dalam mengusung calon.

Hasto juga mengatakan pihaknya tak menutup komunikasi dengan partai politik manapun, termasuk PKB serta Gerindra. "Karena realitas presiden yang terpilih itu tidak hanya semata-mata mendapatkan dukungan rakyat, tetapi harus memastikan efektivitas jalannya pemerintahan di parlemen," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...