Pasok Senapan BC-816 ke TNI, Caracal Pamerkan 3 Keunikan Produksinya

Andi M. Arief
4 November 2022, 18:10
TNI, caracal, alutsista
EDGE Group
Senapan CAR-816 produksi Caracal. Foto: EDGE Group

Perusahaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) asal Uni Emirat Arab, Caracal International LLC telah menandatangani dua kontrak pengadaan senjata dengan TNI. Mereka menilai keunikan senjata yang diproduksi menjadi alasan tentara Indonesia memilih Caracal.

Technical Sales Specialist Caracal Ali Khalifa Al Kaabi mencontohkan fungsi dan kemampuan adaptasi salah satu senapan yang masuk dalam kontrak tersebut, yakni CAR-816. Menurutnya, senapan tersebut dapat digunakan dalam tiga lingkungan yang berbeda dan memiliki kualitas yang tinggi.

"Mereka tidak akan membeli sebelum mencobanya di Indonesia. Mereka mencoba, memberikan evaluasi, dan memutuskan untuk membeli senjata dari kami," kata Ali kepada Katadata.co.id, Rabu (2/11).

CAR-816 adalah senapan otomatis yang mirip dengan AR-15. Ali menjelaskan salah satu keunikan CAR-816 adalah menggunakan piston berbasis gas. Selain itu, piston tersebut dapat diganti dalam tiga pengaturan posisi, yakni normal, tanpa suara, dan pengaturan dalam kondisi buruk.

Ali mencatat senjata tersebut telah diproduksi PT Pindad sejak 2021 dan diberi nama BC-816. Sebagai informasi, Caracal menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pindad terkait transfer teknologi pada 5 Maret 2021.

Dalam nota tersebut, Pindad dapat memproduksi CAR-816 di dalam negeri dengan nama BC-816. Sementara itu, Caracal dapat memproduksi senapan mesin ringan Pindad, yakni SM-3.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...