FIFA Buat Standar Baru Pertandingan Sepak Bola RI, Akan Diikuti Polri

Andi M. Arief
8 November 2022, 16:23
fifa, kanjuruhan, sepak bola
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.
Sejumlah warga dan suporter Arema FC (Aremania) membawa replika keranda mayat saat berunjuk rasa di depan Balai Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (27/10/2022).

Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional atau FIFA akan selesai memimpin gugus tugas dalam menginspeksi stadion di dalam negeri pada 12 November 2022. Adapun, inspeksi tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan stadion yang akan digunakan dalam Piala Dunia FIFA U-20.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI tergabung dalam satgas tersebut. Menurutnya, hasil inspeksi tersebut adalah operasi dan prosedur standar atau SOP terkait pengamanan pertandingan sepak bola di dalam negeri.

Advertisement

"Mereka akan menyelesaikan ini sampai 12 November 2022 karena rencananya Presiden FIFA akan hadir di G20. Sebenarnya, ada pesan yang mau dia sampaikan di situ," kata Zainudin dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Selasa (8/11).

Zainudin mengatakan SOP hasil inspeksi Task Force akan menjadi peraturan yang diterbitkan oleh pihak Kepolisian. Menurutnya, peraturan tersebut akan mengakomodir semua aturan dalam statuta FIFA dan statuta PSSI.

Zainudin mengatakan bahwa FIFA betul-betul mengawal pembentukan SOP tersebut. Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi aksi lempar tanggung jawab yang berujung pada Tragedi Kanjuruhan.

"Mudah-mudahan, setelah ini, sepakbola kita akan enak untuk ditonton karena semua sudah diatur. Kapasitas diatur dan ketentuan-ketentuan sudah tercantum di situ," ucap Zainudin.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement