Damri Operasikan 24 Bus Listrik di Bali Selama KTT G20, Ini Rutenya

Andi M. Arief
10 November 2022, 17:28
g20, bus listrik, damri
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Sebuah bus listik Damri melintas usai diluncurkan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/11/2021).

Perusahaan Umum Damri akan mengoperasikan 24 bus listrik selama Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 pada 15-16 November 2022 di Bali. Adapun, bus listrik yang dioperasikan merupakan hasil dukungan dari PT Industri Kereta Api atau INKA dan Kementerian Perhubungan.

Damri juga telah melatih pengemudi untuk memastikan standar minimum pelayanan atau SPM. Pelatihan ini untuk memastikan keamanan dan kesiapan berkendara, pengecekan kesehatan pengemudi, dan simulasi jalur.

“Kami optimis bus listrik dapat beroperasi secara prima, dengan persiapan yang matang dan pengecekan secara berkala, semoga pengoperasian armada ini mampu menunjang kelancaran agenda KTT G20," kata Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri dalam keterangan resmi, Kamis (10/11).

Adapun rute bus listrik yang dioperasikan Damri dibagi menjadi tiga yakni:

• Rute ND 1, bus akan melewati Lapangan Lagoon - Sofitel Hotel & Resort - BNDCC - Bali Collection - Hotel St. Regis - Mulia Resort - Hotel Hilton - The Apurva Kempinski – Samabe Bali Suites & Villas.

• Rute ND 2, bus akan melewati Nusa Dua Beach Hotel - The Westin Hotel - Hotel The Laguna - Hotel Melia Bali - Bali Collection - Hotel Grand Hyatt - Ayodya Resort Bali - Hotel Merusaka - The Apurva Kempinski.

• Rute ND 3, bus akan melewati Bali Collection – The Mulia Resort - The Apurva Kempinski - Hotel Ritz Carlton.

Sebagai informasi, total bus listrik yang akan digunakan selama KTT G20 mencapai 36 unit. Secara total, kendaraan listrik yang akan digunakan selama KTT G20 adalah 1.452 unit yang terdiri dari 962 mobil listrik, 454 sepeda motor listrik, dan 36 unit bus listrik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...