Sekjen PBB Akan Coba Damaikan Ukraina dan Rusia di KTT G20 Bali

Andi M. Arief
14 November 2022, 20:34
pbb, rusia, ukraina, g20
UN Climate Change
Sekretaris Umum PBB, Antonio Guterres, dalam konferensi COP27 di Mesir (7/11/2022).

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mencoba memediasi konflik antara Rusia dan Ukraina dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Pekan lalu, PBB telah melakukan pertemuan dengan delegasi dari Ukraina, Rusia, dan Turki untuk kelancaran perdagangan pupuk dan gandum.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres akan kembali menemui Delegasi Rusia dan Delegasi Ukraina selama KTT G20. "Mudah-mudahan delegasi mereka di sini," kata Guterres di Bali International Convention Center atau BICC, Senin (14/11).

Sebagai informasi, Presiden Rusia Vladimir Putin diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, sedangkan Ukraina belum dikabarkan mengirimkan perwakilan di KTT G20.

Walaupun demikian, Presiden Putin dikabarkan menghadiri KTT G20 secara virtual. Senada, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dipastikan akan mengikuti KTT G20 secara virtual.

Guterres menilai banyak sekali kemajuan untuk menghilangkan hambatan-hambatan ekspor pangan dan pupuk asal Rusia. Ia optimistis PBB dapat menghapuskan seluruh hambatan ekspor gandum dan pupuk dari Rusia ke dunia.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...