Sudah Tiba di Bali, PM Kamboja Batal Hadiri KTT G20 Karena Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
15 November 2022, 12:01
covid-19, kamboja, hun sen
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/wsj.
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (kedua kiri) didampingi Mendagri Tito Karnavian (kanan) dan Gubernur Bali I Wayan Koster (kiri) saat tiba di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (14/11/2022).

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen membatalkan kehadirannya ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Hal tersebut setelah ia dinyatakan positif Covid-19.

Ia dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes saat tiba di Bali. Hun Sen, yang mengaku selalu tes setiap hari, mengatakan hasil tes sebelumnya sebelum berangkat ke Indonesia negatif.

"Orang Indonesia mengambil sampel dari saya pada malam hari, pagi harinya dinyatakan positif Covid-19," kata Hun Sen seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (15/11).

Dengan kondisinya saat ini, Hun Sen mengaku beruntung datang terlambat di Bali. Ia sebelumnya dijadwalkan makan malam dengan beberapa pemimpin sebelum KTT dimulai.

Atas alasan keamanan, delegasi Kamboja akan kembali ke negaranya hari ini. Dengan kondisi ini, ia juga akan melewatkan pertemuan dengan Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Prancis Emmanuel Macron akhir pekan ini di KTT APEC Bangkok.

Hun Sen pekan lalu menjadi tuan rumah KTT ASEAN yang dihadiri sejumlah kepala negara. Beberapa yang hadir di antaranya Presiden Joko Widodo, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, hingga Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Sedangkan saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Senin (14/11), ia disambut sejumlah pejabat. Beberapa di antaranya adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...