Di Acara Makan Siang KTT G20, FIFA Minta Setop Perang Saat Piala Dunia

Andi M. Arief
15 November 2022, 14:08
Presiden FIFA Gianni Infantino saat acara makan siang KTT G20 di Bali, Selasa (15/11). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden FIFA Gianni Infantino saat acara makan siang KTT G20 di Bali, Selasa (15/11). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Delegasi pemimpin G20 menggelar makan siang di sela-sela pertemuan hari ini. Agenda makan siang tersebut dihadiri oleh Presiden Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA) Gianni Infantino serta Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Dalam pidatonya, Presiden FIFA Infantino meminta adanya gencatan senjata sementara pada perang Rusia-Ukraina. Dia mendorong gencatan senjata tersebut berlangsung selama 1 bulan atau selama Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung.

Ini karena sepak bola memiliki penggemar sebanyak 5 miliar orang. Namun demikian, kata Infantino, adalah hal yang naif jika percaya bahwa sepak bola dapat menyelesaikan masalah dunia.

"Kalian semua dapat memikirkan gencatan sementara untuk satu bulan atau apapun yang dapat mengasumsikan langkah pertama untuk kedamaian," kata Infantino saat makan siang di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, Selasa (15/11).

Infantino menilai Piala Dunia Qatar 2022 dapat menjadi pemantik dalam menyampaikan gestur positif dan pesan harapan. Sebagai informasi, Piala Dunia Qatar akan dimulai pada 20 November 2022 mendatang.

Adapun, Piala Dunia 2018 dilakukan di Rusia. Sedangkan, Ukraina telah mendaftarkan diri sebagai peserta lelang tuan rumah Piala Dunia 2030. Oleh sebab itu, Infantino menarik benang merah bahwa olahraga ini seharusnya menyatukan bangsa.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...