Lansia Dominasi Kematian Pasien Covid-19 Gelombang Terbaru

Ameidyo Daud Nasution
16 November 2022, 20:15
covid-19, lansia, corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga saat vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Indonesia kembali dilanda kenaikan kasus Covid-19 dalam waktu beberapa pekan belakangan. Selain itu, angka kematian pasien corona juga meningkat lagi terutama lansia serta mereka yang belum menjalani vaksinasi.

Dari data Kementerian Kesehatan, angka kematian pada periode 4 Oktober hingga 14 November mencapai 467 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 221 orang atau 47% belum mendapatkan vaksin sama sekali. Selain itu sebanyak 275 orang atau 59% merupakan kelompok usia di atas 60 tahun.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril meminta masyarakat segera mendapatkan suntikan vaksin. Apalagi mereka yang belum menerima booster masih berpotensi masuk rumah sakit.

"Jangankan usia lanjut, yang komorbid segera vaksin untuk melindungi diri," kata Syahril dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (16/11) dikutip dari Antara.

Syahril mengatakan saat ini subvarian Omicron XBB dan BQ.1 mulai mendominasi penularan corona di Indonesia. Angka dua subvarian tersebut sudah mencapai 25% dari proporsi kasus.

"Nanti bisa menggeser varian sebelumnya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...