G20 Rampung, Jokowi Langsung Terbang ke Bangkok Hadiri KTT APEC

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2022, 13:36
Jokowi, g20, apec
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/wsj/22.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) sebelum Working Session 3 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/20.

Rangkaian pertemuan yang dihadiri Presiden Joko Widodo belum berakhir. Sehari setelah menutup Konferensi Tngkat Tinggi (KTT) G20, Jokowi langsung terbang ke Bangkok, Thailand pada siang ini.

Jokowi dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Ini adalah KTT ketiga dalam sepekan yang dihadiri Presiden usai KTT ASEAN dan KTT G20.

"Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT APEC hingga besok," kata Jokowi dalam keterangan pers di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (16/11) dikutip dari Antara.

Agenda Indonesia dalam KTT ini adalah mendorong pemulihan ekonomi inklusif dan berkelanjutan. Seperti saat G20, Indonesia juga akan membawa Indonesia fokus pada transformasi digital, ekonomi hijau, dan hilirisasi.

Hal ini penting karena kawasan Asia Pasifik menjadi salah satu motor pertumbuhan ekonomi dunia. Karena mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia dan 60% Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) dunia.

"Prinsipnya leave no one behind (tidak ada satupun negara yang tertinggal)," kata Presiden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...