Stok Beras di Pasar Tradisional Aman, Namun Harga Terus Merangkak Naik

Nadya Zahira
18 November 2022, 12:56
beras, pangan, harga beras
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Trend harga beras terus meningkat sejak memasuki bulan November sampai dengan saat ini. Padahal pemerintah telah gencar melakukan operasi pasar sejak Agustus 2022.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di  Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, harga beras rata-rata naik Rp 500 sampai Rp 1.000 per kg sejak awal November 2022. Harga jual beras kualitas medium saat ini menyentuh Rp 14.000 per kg, naik dari yang sebelumnya Rp 13.000 per kg.

Advertisement

Harga jual beras kualitas super juga naik hingga Rp 16.500 per kg dari yang sebelumnya Rp 15.500 per kg.  Sama  dengan beras kualitas super dan medium, harga jual beras kualitas bawah saat ini juga naik hingga menyentuh Rp 13.000 per kg, dari yang sebelumnya hanya Rp 12.000 per kg. 

Pedagang beras di Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, Muhammad Randi mengatakan, dirinya tidak tahu pasti apa yang menyebabkan harga beras bisa terus naik sejak memasuki bulan ini. Namun ia menduga ada hubungannya dengan kenaikan harga bahan bakar.

“Pokoknya semua kualitas beras mengalami kenaikan sudah dua kali, dari awal November, sampai saat ini,” ujar Randi di Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta, kepada Katadata.co.id, Jumat (18/11).

Namun, stok beras di pasar tradisional masih terbilang cukup aman. Randi mengatakan, kenaikan harga beras tidak disebabkan oleh pasokan yang berkurang. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement