DI KTT APEC, Jokowi Bertemu PM Selandia Baru hingga Raja Thailand

Ameidyo Daud Nasution
18 November 2022, 13:24
jokowi, apec, thailand
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Presiden Joko Widodo akan bertolak menuju Bangkok, Thailand untuk menghadiri KTT APEC ke-29.

Presiden Joko Widodo menggelar sejumlah pertemuan dengan para pemimpin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang digelar di Bangkok, Thailand. Beberapa di antaranya adalah Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, hingga Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. 

Jokowi mengawali pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Bangkok, Thailand. Dalam dialog tersebut, Ardern menyatakan dukungannya terhadap pemerintah Indonesia yang akan memimpin Asean pada 2023.

"Saya bersyukur di tengah situasi sulit ini, semangat kolaborasi tetap tinggi," kata Presiden Widodo dalam pertemuan tersebut seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (18/11).

Setelah itu Jokowi akan menghadiri Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC Ke-29 dalam format retreat di Queen Sirikit ational Convention Center. Dikutip dari laman Sekretariat Presiden, agenda Jokowi selanjutnya adalah sesi dialog informal pemimpin APEC yang akan dihadiri pemimpin lain seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Jokowi lalu  menggelar pertemuan bilateral dengan Chief Executive Hong Kong John Lee. Selepas makan siang, Presiden akan bertemu Pangeran Mohammed bin Salman.

Setelahnya, Presiden akan menghadiri dialog pemimpin APEC dengan Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC) dan mengunjungi Bio-Circular-Green (BCG) Exhibition pada sore hari.

Usai agenda, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan melakukan audiensi dengan Raja Thailand. Setelah beres, Jokowi akan menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi dan kembali ke Tanah Air.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi baru menyelesaikan KTT G20 pada Rabu (16/11) lalu. Sepanjang KTT, Presiden telah bertemu Presiden Cina Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Türkiye Recep Tayyip Erdogan, Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leye, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. 

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...