Dana Pandemi Rp 21 T Sudah Terkumpul, Kapan Mulai Bisa Dipakai?

Ameidyo Daud Nasution
18 November 2022, 19:48
dana pandemi, g20, pandemi
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berpidato saat pembukaan The 2nd Joint Finance and Health Ministers Meeting dalam rangkaian kegiatan Presidensi G20 di Bali, Sabtu (12/11/2022).

Negara-negara G20 sepakat membentuk dana pandemi untuk menangani potensi wabah di masa depan.  Penggunaan dana tersebut ditargetkan dapat digunakan mulai tahun depan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan program dana mekanisme dana pandemi akan diputuskan dalam presidensi G20 India 2023. 

"Sekarang sudah operasional. Pengelolaanya sudah dipimpin sama Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri dan Menteri Kesehatan Rwanda Daniel Ngamije,"  kata Budi kepada Katadata.co.id, Jumat (18/11).

Sampai saat ini Pandemic Fund telah berhasil menghimpun dana sebesar US$1,4 miliar. Dana tersebut berasal dari 24 negara G20 maupun non G20, serta tiga lembaga filantropis dunia.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dana pandemi tersebut masih kurang dari yang ditargetkan. Menurut hasil studi Badan Kesehatan Dunia (WHO), dibutuhkan US$31,1 miliar setiap tahunnya.

Indonesia sendiri juga menjadi donator dengan total sumbangan US$50 juta. Dana ini akan digunakan untuk reformasi kesehatan nasional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...