Jokowi Cek Pasar Bareng Ganjar, Temukan Kenaikan Harga Migor dan Tempe

Ameidyo Daud Nasution
21 November 2022, 15:04
jokowi, ganjar, pasar
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memeriksa harga pangan di Pasar Malang Jiwan Colomadu, jawa Tengah. Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memeriksa harga pangan di Pasar Malang Jiwan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Keduanya menemukan harga minyak goreng dan tempe mengalami kenaikan.

Kepala Negara mengaku terkejut saat menemukan harga minyak goreng naik sebanyak Rp 2.000 per liter di Pasar Malang Jiwan Colomadu. Berdasarkan data Badan Pangan Nasional atau Bapanas, harga minyak goreng kemasan sederhana di Jawa Tengah mencapai Rp 15.860 per liter, sementara itu harga rata-rata nasional adalah Rp 17.620 per liter.

Advertisement

"Ini kami cek di Provinsi Jawa Tengah. Saya melihat tadi harga minyak, kaget juga saya tadi, naik Rp 2.000 per liter. Itu fakta di lapangan yang kami temukan yang nanti akan dicarikan solusinya," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Senin (21/11).

Selain itu, Kepala Negara menemukan kenaikan harga pada tempe. Menurutnya, hal tersebut wajar lantaran harga kedelai di pasaran saat ini mencapai Rp 15.000 per Kg.

Bapanas mendata rata-rata nasional harga kedelai adalah Rp 14.580 per kilogram (Kg). Harga kedelai tertinggi di dalam negeri mencapai Ro 17.310 per Kg di Papua, sedangkan yang terendah adalah Rp 12.960 di DKI Jakarta. Adapun, rata-rata harga kedelai di Jawa Tengah adalah Rp 14.050 per Kg.

Jokowi mengatakan telah rutin mengunjungi pasar setiap minggu untuk memeriksa harga pangan yang dinikmati masyarakat. Menurutnya, hal tersebut penting dalam menggodok kebijakan terkait stabilisasi harga pangan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement