Jusuf Kalla Perintahkan PMI Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Cianjur

Andi M. Arief
23 November 2022, 17:04
gempa, pmi, gempa cianjur, jusuf kalla
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa.
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (kanan) bersama Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kiri) berjalan meninggalkan gedung Unit Trasfusi Darah (UTD) usai diresmikan penggunaannya di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (14/12/2020).

Palang Merah Indonesia atau PMI telah mengirimkan relawan dari 15 cabang PMI di Jawa Barat dalam merespon Gempa Cianjur. Para relawan tersebut telah diarahkan untuk memperbarui data yang dijadikan dasar distribusi bantuan dan layanan di lokasi bencana.

Ketua PMI Jusuf Kalla telah menginstruksikan para relawan untuk menjaga proses distribusi bahan bantuan agar berjalan dengan baik. Menurutnya, persediaan logistik dan dukungan relawan telah menjangkau sejumlah wilayah terdampak di beberapa desa lokasi bencana.

Advertisement

“Bantu masyarakat sekitar, perbaharui data agar cepat menjangkau masyarakat lainnya,” kata Jusuf Kalla di Kampung Nagrak, Cianjur, Rabu (23/11).

Mantan Wakil Presiden 2014-2019 tersebut mengimbau warga untuk menjaga kesehatan serta mematuhi imbauan relawan saat ada gempa susulan. Ia telah menugaskan setidaknya 200 relawan di sekitar lokasi bencana.

Relawan tersebut bertugas dalam membantu layanan logistik, sanitasi, kesehatan, distribusi air, dukungan psikososial, evakuasi, dan layanan pusat data dan informasi.

Gempa berkekuatan 5,6 skala richter yang terjadi di Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11) telah menyebabkan kerusakan yang cukup signifikan. Sebanyak 22.198 rumah mengalami kerusakan dan 58.362 orang terpaksa mengungsi.  

Data terakhir yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sebanyak 268 korban meninggal dunia. Dari jumlah itu baru 122 jenazah yang teridentifikasi. Sedangkan 151 orang masih dinyatakan hilang.  

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement