Pemerintah Akan TIngkatkan Pekerja Magang Indonesia ke Jepang

Ameidyo Daud Nasution
27 November 2022, 22:01
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat meninjau peserta program magang di Jepang, Sabtu (26/11). Foto: Kemnaker.
kemnaker
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat meninjau peserta program magang di Jepang, Sabtu (26/11). Foto: Kemnaker.

Pemerintah dan Jepang sepakat untuk meningkatkan pekerja magang asal Indonesia ke Negeri Sakura. Kementerian Ketenagakerjaan telah melakukan pertemuan dengan Representative of Supervising Organization JOE Cooperative, Kitazawa Tomoko pada Sabtu (26/11).

Sebagai informasi, JOE Cooperative adalah agen yang menaungi perusahaan penerima tenaga magang di Jepang. Adapun pertemuan dilakukan untuk mengetahui gambaran peningkatan dan kerja sama penerimaan peserta magang di bawah naungan JOE Cooperative.

Untuk tahun 2022, peserta magang yang diberangkatkan ke Jepang mencapai 160 orang. Berdasarkan performa tahun ini, RI dan Jepang sepakat meningkatkan pengiriman tenaga magang.

"Kemnaker memberikan bantuan pembuayaan lewat latihan di Balai Latihan kerja (BLK), sedangkan JOE memberikan subsidi pendidikan kepada lembaga pengirim (LPK)," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam keterangan tertulis, Minggu (27/11).

Anwar, yang hadir di Jepang, sempat menemui calon peserta magang di JOE Cooperative. Ia berpesan agar kesempatan ini dipakai untuk menambah pengetahuan dan pengalaman untuk kembali ke Tanah Air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...