Profil Yudo Margono yang Resmi Dicalonkan Jokowi Sebagai Panglima TNI

Ameidyo Daud Nasution
28 November 2022, 17:23
yudo margono, tni, panglima tni
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan keterangan pers di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Presiden Joko Widodo resmi mengajukan nama Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu akan menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang pensiun Desember mendatang.

Nama Yudo juga telah dikirimkan lewat Surat Presiden ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ia akan segera menjalani proses uji kepatutan dan kelaikan calon Panglima TNI.

"Surat telah diterima pimpinan DPR, artinya Laksamana Yudo bisa segera proses di DPR untuk melaksanakn fit and proper test," kata Ketua DPR Puan Maharani saat konferensi pers di DPR, Jakarta, Senin (28/11).

Surat dikirimkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada pimpinan DPR. Jika prosesnya lancar, maka Yudo Margono akan menjadi KSAL pertama yang dilantik sebagai Panglima TNI oleh Jokowi.

Pencalonan Yudo sudah sejak beberapa waktu lalu terdengar. Anggota komisi pertahanan dewan pun telah memberikan dukungan agar KSAL bisa menjadi Panglima TNI.

Jejak Karir Yudo

Yudo sebelumnya berpengalaman sebagai pelaut di sejumlah kapal perang sebelum akhirnya memegang jabatan teritorial di lingkungan Angkatan Laut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...