BPJT Bujuk Semua Operator Agar Mau Terapkan Bayar Tol Tanpa Henti

Andi M. Arief
30 November 2022, 18:11
tol, bpjt, bayar tol tanpa henti
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Sejumlah kendaraan roda empat yang didominasi pemudik melaju saat akan memasuki Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).

Badan Pengelola Jalan Tol atau BPJT saat ini sedang membujuk seluruh operator jalan tol mengimplementasikan teknologi transaksi nontunai nirsentuh. Mereka menjanjikan sistem tersebut dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan efisiensi yang bisa didapatkan para badan usaha jalan tol atau BUJT setidaknya 10% - 15% dari biaya operasional saat ini. Menurutnya, tantangan terbesar yang sedang dihadapi oleh BUJT adalah biaya transisi dari transaksi nontunai menjadi non tunai nirsentuh.

"Jadi, tantangan kami adalah untuk meyakinkan BUJT bahwa sistem yang kita tawarkan secara internal lebih menguntungkan," kata Danang di Jakarta, Rabu (30/11).

Danang menjelaskan transaksi nontunai dan nirsentuh masuk dalam kelompok biaya operasional dalam keuangan BUJT. Ia memperkirakan total biaya operasional yang dikeluarkan seluruh BUJT sepanjang 2022 mencapai Rp 3 triliun.

Danang menghitung biaya operasional berkontribusi sekitar 5% - 10% dari nilai transaksi jalan tol per tahun. Menurutnya, nilai transaksi jalan tol nasional pada tahun ini akan mencapai Rp 30 triliun atau lebih tinggi 25% dari proyeksi awal 2022 senilai Rp 24 triliun.

Artinya, total efisiensi biaya operasional yang dapat dihemat oleh BUJT jika menggunakan multi lane free-flow (MLFF) tahun ini mencapai Rp 450 miliar. Dalam sistem MLFF, BUJT akan menggantikan tenaga kerja transaksi dengan membayarkan iuran kepada pemerintah.

Namun, iuran tersebut tidak boleh dibebankan kepada pengguna jalan. Dengan kata lain, tarif jalan tol akan tetap walau sistem MLFF telah berjalan.

Setelah itu, pemerintah akan menyerahkan iuran tersebut kepada badan usaha pelaksana MLFF, yakni PT Roatex Indonesia Toll System atau RITS. Hal tersebut dilakukan mengingat proyek MLFF dilakukan oleh pemerintah, bukan BUJTT.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...