Kementan Siapkan 610 Ton Beras Di Penggilingan Untuk Diserap Bulog

Nadya Zahira
30 November 2022, 22:11
beras, bulog, pangan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Pekerja mengangkut karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Kementerian Pertanian berusaha memenuhi kebutusan beras hingga akhir tahun. Mereka mengatakan ada 610.632 ton beras di penggilingan yang berada di 24 provinsi Indonesia sehingga dapat diserap oleh Bulog

Beras tersebut dapat memenuhi kebutuhan Cadangan Beras Pemerintah atau CBP maupun komersil hingga akhir Desember 2022. Koordinator Data Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Batara Siagian mengatakan bahwa Direktur Jenderal Tanaman Pangan telah melayangkan surat resmi ke Dirut Bulog mengenai data beras dan lokasinya.

Advertisement

“Hal ini tentu sebagai komitmen kami meyakinkan tidak ada keraguan pada data Badan Pusat Statistik (BPS).  Ini karena faktanya di lapangan beras ada, namun dengan variasi harga tergantung lokasi,” ujar Batara dikutip dalam keterangan resmi, pada Rabu (30/11).

Batara berharap Bulog dapat segera menyerap beras tersebut dan tidak perlu impor karena petani lokal masih sangat mampu memenuhi kebutuhan. Belum lagi, pada Januari 2023 diprediksi akan panen raya.

“Saat ini pun petani sedang berproduksi, dan bulan Februari - Maret stok akan melimpah. Kami mohon penyerapan saat masa panen raya bisa dimaksimalkan," ujar Batara.

Sebelumnya cadangan beras pemerintah yang dikelola oleh Bulog hanya mencapai 594.856 ton per 22 November 2022. Jumlah cadangan beras pemerintah atau CBP tersebut jauh di bawah angka ideal minimal sebesar 1,2 juta ton.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement