Jokowi Targetkan 200 Rumah Baru Korban Gempa Cianjur Beres Tahun Ini

Andi M. Arief
5 Desember 2022, 15:29
gempa, jokowi, cianjur
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (kiri) meninjau lokasi bencana gempa di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Presiden Joko Widodo menargetkan sebagian pembangunan rumah bagi penyintas gempa Cianjur akan rampung pada tahun ini. Rumah tersebut ditujukan bagi para warga terdampak yang harus melakukan relokasi lantaran tanah di bawah rumah mereka berada di atas sesar Cimandiri.

Jokowi menjelaskan mayoritas penyintas yang harus merelokasi rumahnya merupakan penyintas yang berada di pusat Gempa Cianjur, khususnya Kecamatan Cugenang. Sejauh ini, Kepala Negara telah menginstruksikan pembangunan 1.800 unit hunian tetap kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR.

"Yang untuk 200 unit rumah, iya selesai tahun ini. Yang 2.000 unit kira-kira selesai sebelum Lebaran 2023," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Senin (5/12).

Pembangunan 200 unit rumah yang dimaksud Jokowi berada di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur. Jenis rumah yang dibangun adalah rumah fabrikasi dengan standar anti gempa.

Beberapa bagian rumah telah dibuat di sekitar lokasi pembangunan dan pembangunan rumah hanya memasang komponen tersebut. Oleh karena itu, Jokowi optimistis pembangunan 200 unit rumah dapat rampung kurang dari 30 hari.

Berdasarkan pengamatan Katadata.co.id, salah satu kontraktor yang bertugas dalam proyek tersebut adalah PT Brantas Abipraya. Sementara itu, Kementerian PUPR belum menetapkan nilai kontrak pasti yang akan dikeluarkan negara untuk membangun 200 unit rumah tersebut.

Kepala Negara mengatakan konstruksi sebanyak 1.600 unit rumah akan dimulai pada 8 Desember 2022. Pada tanggal yang sama, Presiden Jokowi akan menyerahkan dana bantuan revitalisasi rumah terdampak Gempa Cianjur.

Jokowi berharap dimulainya pembangunan rumah relokasi tersebut dapat memberikan aktivitas bagi para penyintas di Kota Santri. Dengan demikian, roda perekonomian di Cianjur dapat bergerak kembali.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...