BUMN PT Brantas Abipraya Akan Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur

Nadya Zahira
6 Desember 2022, 08:22
gempa, cianjur, bumn
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Warga melintasi bangunan rumah yang hancur akibat guncangan gempa bumi dengan magnitude 5.6 di Desa Gasol, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan rumah bagi warga terdampak gempa Cianjur yang akan direlokasi. Lahan saat ini telah disediakan Pemerintah Kabupaten Cianjur. 

Adapun konstruksi dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara PT Brantas Abipraya (Persero). Sedangkan lokasi pembangunan berada di Cilaku seluas 1,5 hektare dan Mande dengan luas lahan 30 hektare.

Advertisement

"Saat ini sedang dikerjakan 4 unit dari 200 unit Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dengan struktur tahan gempa," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang dikutip dalam keterangan resminya pada Senin (5/12).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal atau Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menargetkan sebanyak 80 unit rumah bisa rampung pada akhir Desember 2022.

"Pekerjaan dilaksanakan secara paralel untuk pekerjaan pondasi, instalasi Risha, pekerjaan arsitektur, jalan, saluran, dan air bersih. Selanjutnya untuk serah terima tahap II sebanyak 120 unit ditargetkan pada minggu ke 3 Januari 2023," ujar Iwan.

Dengan penyelesaian secara bertahap, Iwan berharap seluruh pekerjaan dapat rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2023. Ini sesuai target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan Basuki.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement