Jokowi Panggil Menteri ke Istana Bahas Hilirisasi Timah dan Bauksit

Andi M. Arief
6 Desember 2022, 13:58
jokowi, bauksit, timah
Katadata
Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12). Foto: Andi M. Arief

Presiden Joko Widodo menggelar Sidang Kabinet Paripurna hari ini. Salah satu pembahasannya adalah strategi hilirisasi timah dan bauksit. 

Sejumlah menteri yang hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Zulkifli mengatakan hilirisasi menjadi hal yang penting untuk memberikan nilai tambah. "Oleh karena itu akan dijadikan hilirisasi seperti nikel, mungkin akan diberlakukan tahun depan," kata Zulkifli di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/12).

Adapun topik pembahasan lain dalam sidang kabinet adalah perekonomian Indonesia tahun 2023 serta penanganan Covid-19. Adapun sidang dimulai pada 13.30 WIB.

Sebelumnya, Jokowi memproyeksikan 60% dari pangsa pasar baterai kendaraan listrik atau EV akan dikuasai Indonesia. Menurutnya, hal tersebut merupakan dampak dari hilirisasi nikel.

Jokowi bahkan telah menemui tiga delegasi dari negara besar. Dalam pertemuannya, para delegasi menanyakan terkait strategi Indonesia dalam implementasi transisi energi, khususnya terkait pengembangan baterai EV di dalam negeri.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...