Serba-Serbi Pernikahan Kaesang: Digelar di 2 Kota, Menteri Ikut Sibuk

Ameidyo Daud Nasution
6 Desember 2022, 17:01
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar pernikahan pada akhir pekan mendatang. Foto: Instagram Erina Gudono.
Instagram Erina Gudono
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar pernikahan pada akhir pekan mendatang. Foto: Instagram Erina Gudono.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan melangsungkan pernikahan dengan Erina Gudono pada akhir pekan ini. Jokowi juga telah mengikuti rapat terakhir panitia pada Minggu (4/12).

Akad nikah mempelai akan dilakukan di Hotel Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12). Sedangkan tasyakuran diadakan di Pura Mangkunegaran, Solo pada Minggu (11/12).

Jokowi juga telah mengikuti rapat persiapan terakhir pernikahan Kaesang dan Erina di Solo pada Minggu (6/12). Presiden mengatakan seluruh persiapan sudah hampir rampung.

"Persiapan pernikahan Kaesang dan Erina sudah 99%. Alhamdulillah, sudah dipersiapkan dengan baik," kata Jokowi di Soga Resto Batik Danar Hadi Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/12) dikutip dari Antara.

Selain keluarga mempelai, rapat tersebut juga dihadiri sejumlah anggota Kabinet Indonesia Maju. Beberapa di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Adapun ini beberapa hal tentang pernikahan Kaesang dan Erina

1. Digelar di dua kota

Pernikahan keduanya akan digelar di dua kota yakni Yogyakarta dan Solo. Akad akan berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo pada Sabtu (10/12). Sedangkan tasyakuran digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

Untuk acara di Solo, prosesi acara tasyakuran Kaesang dan Erina akan dimulai di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi. Kedua mempelai lalu akan melakukan kirab hingga Pura Mangkunegaran.

Jokowi juga menjelaskan alasan Kaesang dan Erina tak menggelar resepsi di Graha Saba Buana miliknya. Ini karena gedung tersebut juga dipakai untuk acara lain.

2. Menteri Ikut Sibuk

Sejumlah menteri juga ikut sibuk mengurus pernikahan Kaesang dan Erina. Beberapa di antaranya adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan keterlibatan para menteri karena mereka termasuk orang dekat keluarga Jokowi. Ma'ruf juga yakin kerja para pembantu presiden tak akan terganggu prosesi pernikahan Kaesang dan Erina.

"Soal kepanitiaan itu kan kembali lagi soal orang-orang dekat. Biasanya begitu," kata Ma'ruf di Jakarta, Senin (5/12).

ERICK THOHIR PASTIKAN VENUE PERNIKAHAN KAESANG-ERINA BERJALAN OPTIMAL
ERICK THOHIR PASTIKAN VENUE PERNIKAHAN KAESANG-ERINA BERJALAN OPTIMAL (Kementerian BUMN)

 

Sedangkan Erick Thohir beralasan ikut serta mengurus pernikahan ini karena menganggap Kaesang sebagai keponakannya sendiri. Kaesang saat ini memang dekat dengan putra Erick yakni Aga Thohir dalam membangun klub sepak bola Persis Solo.

3. Dijaga ribuan aparat

Polda Jawa Tengah menyiapkan 2.188 personel kepolisian untuk mengamankan pernikahan ini. Mereka akan dibagi dalam beberapa tim yang mengamankan kediaman Jokowi, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, serta Pura Mangkunegaran.

 

"Keterlibatan personel, ploting anggota, pengalihan arus, dan tempat parkir sudah disiapkan," kata Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi pada Minggu (4/12).

Sementara, Polda DI Yogyakarta menyiapkan 500 personel kepolisian untuk mengamankan prosesi akad nikah. Mereka akan ditempatkan dari sekitar kediaman Erina di Kabupaten Sleman hingga Royal Ambarrukmo.

Meski demikian, Mal Ambarrukmo yang satu kompleks dengan lokasi akad tidak akan ditutup pada hari H. "Masyarakat kalau (mau) belanja (bisa) belanja," kata Wakil Kepala Polda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso.

4. Okupansi Hotel Naik

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyataan pemesanan kamar pada hotel mengalami lonjakan jelang prosesi akad nikah Kaesang dan Erina. Reservasi dilakukan kalangan pejabat serta menteri. 

Adapun lonjakan reservasi terjadi pada hotel yang berada di utara dan timur Kota Yogyakarta. Adapun Royal Ambarrukmo berada di sisi utara Kota Gudeg.

"Tingkat reservasi mencapai 70 hingga 80 persen," kata Ketua DPD PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana saat dihubungi di Yogyakarta, Selasa.

5. Potensi Bikin Macet

Jokowi usai rapat juga sempat meminta maaf kepada masyarakat apabila nanti pernikahan putra bungsunya menimbulkan kemacetan di Solo dan Yogyakarta.  Meski demikian, polisi juga menyiapkan rencana untuk menghindarkan warga dari kemacetan.

Adapun, tamu yang hadir diperkirakan mencapai 6.000 orang. Akan ada 220 bus khusus yang disiapkan untuk para tamu ke masing-masing penginapan.

Polda Jateng juga telah melakukan simulasi perencanaan jalur dari kedatangan tamu, hotel, hingga lokasi resepsi. Mereka juga menyiapkan pengalihan arus agar tidak mengganggu masyarakat.

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait