Jokowi Tetap Kerja di Sela-Sela Prosesi Pernikahan Kaesang

Andi M. Arief
9 Desember 2022, 15:46
jokowi, kaesang, pernikahan
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/tom.
Presiden Joko Widodo (kiri) menyaksikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) melepas penutup pisang tuwuhan usai prosesi "bleketepe" di atas gerbang kediamannya, di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Presiden Joko Widodo tampak tetap mengerjakan tugas negara di sela-sela pernikahan anaknya, Kaesang Pangarep. Hal tersebut ditunjukkan dari postingan terakhir di akun resmi media sosialnya hari ini, Jumat (9/12).

Dalam postingan tersebut, Presiden Jokowi tampak memakai beskap berwarna magenta sedang menandatangani setumpuk dokumen. Sebelumnya, Jokowi hadir dalam prosesi pemasangan bleketepe, siraman, hingga sungkeman Kaesang.

"Sebelum Jumatan, di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda. Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," kata Presiden Jokowi dalam postingan media sosialnya, Jumat (9/12).

Adapun, prosesi pagi tadi dimulai dengan pemasangan bleketepe. Tampak dalam pemasangan, Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana, putrinya Kahiyang Ayu, serta suami Kahiyang yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi, hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto hadir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 

Acara dilanjutkan dengan sungkeman. Kaesang meminta restu kepada Jokowi dan Iriana sebelum dimandikan dengan air dari tujuh mata air di Keraton Kasunanan, Mangkunengaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan rumah kediaman Solo.

Adapun, akad akan digelar di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12). Kegiatan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12).

Jokowi mengatakan sungkeman tersebut sebagai simbol harapan orang tua agar Kaesang dan Erina bisa menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah. Setelah prosesi, keluarga Jokowi akan meluncur ke Yogyakarta.

 

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait