Pensiun Sebagai Panglima TNI, Andika Perkasa Berpotensi Masuk Kabinet?

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2022, 18:51
andika perkasa, tni, menteri
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), Panglima TNI Andika Perkasa (kanan), dan Kapolri L Sigit Prabowo (kiri) hadir di TGF. Setelah menghadiri Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan oleh TNI pada pada Kamis (10/11/2022).

Presiden Joko Widodo akan melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI bulan ini. Yudo akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun.

Bersamaan dengan itu, muncul kabar bahwa Andika akan mengisi jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Ini sejalan dengan adanya pernyataan Jokowi soal kemungkinan adanya kocok ulang posisi menteri.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan meski sinyal reshuffle belum terlihat jelas, namun potensi Andika masuk kabinet terbuka. Ini karena selain pernah memimpin TNI, menantu Abdullah Mahmud Hendropriyono itu dianggap orang yang dekat dengan Jokowi.

"Jadi modalnya sudah banyak," katanya kepada Katadata.co.id, Senin (12/12).

Adi mengatakan Andika memiliki kapasitas dan pengalaman sebagai Panglima TNI. Selain itu dia menjelaskan nilai plus mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu adalah mampu ditempatkan di manapun.

"Artinya, kalau memang menjadi menteri di manapun, mulai dari ekonomi hingga hukum," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...