Terbang ke Belgia, Jokowi Bahas Perdagangan ASEAN dan Uni Eropa

Andi M. Arief
13 Desember 2022, 12:23
jokowi, uni eropa, asean
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di Bandara Internasional Sokearno Hatta sebelum bertolak ke Brussel, Selasa (13/12). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah terbang ke Brussel, Belgia pukul 04.00 WIB untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Asean - Uni Eropa 2022. Salah satu tujuan pertemuan tersebut adalah penguatan hubungan ekonomi di antara dua wilayah.

Ibu Negara Iriana dan delegasi dengan jumlah terbatas juga ikut ke Belgia. Jokowi mengatakan, waktu kunjungan di Belgia akan kurang dari 24 jam dan langsung kembali ke Tanah Air.

Jokowi mengatakan hubungan antara Asean dan Uni Eropa telah dimulai sejak 1977. Sementara itu, Kepala Negara ingin agar hubungan dagang dan investasi dengan negara-negara di Benua Biru terus meningkat.

"Kita tahu hubungan perdagangan antara Asean dan Uni Eropa pada 2021 sebesar US$ 268,9 miliar, ini ketiga terbesar setelah RRT (Cina) dan Amerika Serikat," kata Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (13/12).

Selain itu, Presiden Widodo mencatat investasi langsung Uni Eropa di Asean pada 2021 mencapai US$ 26 miliar. Angka tersebut menduduki peringkat kedua setelah Cina.

Meski demikian, kunjungan ini dilakukan di tengah hubungan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa sedang tidak terlalu baik. Pasalnya, Uni Eropa menggugat kebijakan larangan ekspor bijih nikel Indonesia ke Organisasi Dagang Dunia atau WTO.

Kementerian Investasi menyatakan Indonesia telah kalah dalam gugatan dengan Uni Eropa di Organisasi Dagang Dunia atau WTO terkait larangan ekspor bijih nikel. Namun demikian, pemerintah menekankan akan terus melawan gugatan tersebut di WTO.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...