Temuan Drone Emprit: Anies dan Ganjar Paling Banyak Jadi Perbincangan

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2022, 14:48
Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan (kiri) menyampaikan orasi politik saat menghadiri rapat akbar dan kader Partai NasDem di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/12/2022). Kunjungan Anies Rasyid Baswedan tersebut dalam rangka sa
ANTARA FOTO/Arnas Padda/wsj.
Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan (kiri) menyampaikan orasi politik saat menghadiri rapat akbar dan kader Partai NasDem di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/12/2022). Kunjungan Anies Rasyid Baswedan tersebut dalam rangka safari politik sekaligus silaturahmi dengan para relawan dan kader Partai NasDem.

Drone Emprit merilis nama-nama tokoh politik yang populer diberitakan dan dibicarakan di media sosial. Berdasarkan tren, nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menjadi pembicaraan sepanjang November ini.

Puncak pembahasan seputar Anies terjadi pada 5 November 2022 lalu saat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu berkunjung ke Medan. Sedangkan kenaikan pembicaraaan soal Ganjar terjadi karena pembahasan soal "Rambut Putih".

Selain itu, analisa Drone Emprit menunjukkan tren kenaikan pembahasan terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. "Terutama didorong aktivitas partisipasi BUMN dalam acara G20 dan dukungan agar Erick berkompetisi pada Pilpres 2024," demikian dalam keterangan tertulis Drone Emprit seperti ditulis pada Selasa (13/12).

Secara popularitas, nama Anies merupakan tokoh paling populer dalam pemberitaan dan perbincangan media sosial pada November lalu. Di media online, Anies menjadi tokoh yang paling banyak diberitakan dengan 40.791 mention, di bawahnya adalah Ganjar sebanyak 30.740 serta Andika Perkasa dengan 14.378 mention.

"Di media sosial, Anies (745.501 mention) juga menjadi tokoh yang paling banyak dibincangkan, disusul Ganjar (389.787 mention), dan Erick Thohir (197.050 mention)," demikian keterangan Drone Emprit.

Jika dibedah, berikut analisa popularitas dan pembicaraan warganet atas beberapa tokoh politik:

Anies Baswedan

Anies mendapatkan popularitas terbesar dalam pemberitaan dan perbincangan media sosial. Secara total, ia disinggung sebanyak 786.292 kali di media sosial dan pemberitaan.

Ini ditopang pembahasan warganet saat ia berkunjung ke Medan pada 5 November serta hadir dalam G20 pada 14 November. Meski demikian, pembahasan tentang Anies cenderung melanda terutama setelah 5 November.

Ganjar Pranowo

Nama Ganjar berada di urutan kedua dalam pembicaraan. Ia disinggung sebanyak 426.527 kali dalam pemberitaan dan perbincangan media sosial.

GANJAR PRANOWO DI HARI ANTIKORUPSI SEDUNIA
GANJAR PRANOWO DI HARI ANTIKORUPSI SEDUNIA (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.)

Pembahasan soal Ganjar juga konsisten di atas angka 10 ribu mention setiap hari. Puncak pembahasan terjadi pada pertengahan November saat G20 dan saat pidato Presiden Joko Widodo yang menyinggung rambut putih pada akhir November.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...