Covid-19 Menanjak Lagi di Cina, Rumah Duka di Beijing Terancam Lumpuh

Ameidyo Daud Nasution
18 Desember 2022, 15:07
cina, covid-19, corona
ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/foc.
Sejumlah petugas medis dikerahkan di kompleks permukiman di Distrik Chaoyang, Beijing, China, yang sedang di-lockdown, Senin (21/11/2022),

Kasus Covid-19 kembali melonjak di Cina setelah pemerintah negara tersebut mencabut pembatasan aktivitas. Lonjakan pasien ini karena menyebarnya varian Omicron yang sangat menular.

Dikutip dari Reuters pada Minggu (18/12), rumah duka dan krematorium di Beijing mulai kelimpungan karena para pekerja dan supir mobil dinyatakan positif. Layanan katering hingga parsel juga dihantam karena para pekerja tertular virus tersebut.

Cina pelan-pelan mulai meninggalkan kebijakan nol kasus Covid-19. Ini karena restriksi malah menimbulkan keresahan dan demonstrasi warga.

Namun, pelonggaran tersebut diprediksi membawa dampak serius. Sebuah lembaga penelitian di AS memprediksi lebih dari satu juta orang di Cina bisa meninggal karena Covid-19 pada 2023.

Pada Sabtu (17/12), jurnalis Reuters melihat 30 mobil jenazah masuk menuju rumah duka Dongjiao. Rumah duka tersebut ditunjuk pemerintah untuk menangani krematorium pasien Covid-19.

Terlihat pula, jenazah terbungkus seprai di bagasi diambil oleh pekerja dengan setelan hazmat. Di dalam rumah duka, ada 20 kantong berwarna kuning yang berisi jenazah. Namun belum dapat dipastikan apakah kematian tersebut karena corona.

Seorang operator keamanan parkir yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa angka kematian saat ini lebih banyak ketimbang sebelum pencabutan restriksi pada 7 Desember.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...