Jokowi Akan Setop PPKM Karena Indonesia Sudah Masuk Endemi

Andi M. Arief
21 Desember 2022, 13:32
ppkm, endemi, covid-19
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Slipi, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Presiden Joko Widodo mengatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kemungkinan akan berakhir pada akhir tahun ini. Ini karena kasus Covid-19 sudah semakin melandai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sudah setahun ini penularan corona relatif melandai. Ia menjelaskan, sudah setahun status Indonesia berada pada PPKM level 1 sesuai kriteria Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Pandemi juga sudah menjadi endemi. (Angka penularan) Terakhir sudah berada di angka 2.000," kata Airlangga dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12).

Saat ini, pemerintah terus mempersiapkan hal teknis sebelum menghentikan PPKM. Salah satunya adalah sero survei yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.

"Kami juga sudah melaporkan kepada Bapak Presiden kesiapannya," kata Airlangga.

Di kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan akan menerbitkan Keputusan Presiden tentang penghentian kebijakan Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM pada minggu ini. Namun syaratnya, ada penerbitan Keppres tersebut adalah kajian dan kalkulasi dari para menteri.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...