Jokowi Jengkel Masalah Sampah di Jakarta dan Solo Belum Juga Beres

Andi M. Arief
21 Desember 2022, 18:55
sampah, jokowi, lingkungan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Presiden Joko Widodo tiba untuk menyampaikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Presiden Joko Widodo menyentil pengelolaan " target="_blank">sampah di dua daerah yakni DKI Jakarta dan Solo. Ini karena masalah pengelolaan sampah masih belum juga rampung pada kepemimpinannya. 

Jokowi mencontohkan permasalahan bea gerbang ke pengolah sampah di Solo. Menurutnya, pembahasan tipping ini telah dimulai sejak 2002, namun masih belum rampung.

Advertisement

"Saya sudah mulai, sampai sekarang belum (beres)," kata Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup Tahun 2022, Rabu (21/12).

Sementara itu, Mantan Gubernur Jakarta periode 2012-2014 ini mencatat proyek pengolahan sampah menengah atau Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter. Jokowi juga mengatakan dirinya pun gagal menyelesaikan proyek itu pada masa jabatannya.

Saat ini, Jokowi mendorong Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menyelesaikan proyek tersebut pada tahun depan. Namun ia pesimistis konstruksi ITF Sunter akan rampung pada 2023.

Sedangkan rogres konstruksi ITF Sunter mencapai 61% er 20 Oktober 2022. Total nilai investasi yang ditelan dalam proyek tersebut ditaksir mencapai Rp 5,2 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement