Jokowi Berencana Setop PPKM Bulan Ini, Apakah Waktunya Sudah Tepat?

Ameidyo Daud Nasution
22 Desember 2022, 14:47
ppkm, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Budi Prasetiyo/wsj/
Pejalan kaki mengenakan masker di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Pemerintah kembali menerapkan status PPKM level 1 di wilayah Aglomerasi Jabodetabek.

Presiden Joko Widodo berencana menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun ini. Alasannya, penularan Covid-19 masih terus melandai.

Meski demikian, pemerintah diminta tak terburu-buru mencabut kebijakan ini. Ini karena masih ada aktivitas masyarakat dalam jumlah besar saat Natal dan Tahun Baru yang bisa menimbulkan penularan Covid-19.

Advertisement

"Saya kita kita harus menunggu situasi awal Januari dulu, baru bisa dikatakan terkendali," kata ahli wabah dari Griffith University Dicky Budiman kepada Katadata.co.id, Kamis (21/10).

Faktor lain yang membuat pemerintah perlu berhati-hati adalah adanya kenaikan kasus di Cina. Pengalaman sebelumnya, munculnya penularan dan mutasi baru bisa menimbulkan efek domino ke negara lain.

"Jika kita turunkan proteksi, artinya akan membuka peluang virus itu masuk," katanya.

Dicky juga berharap pemerintah tetap bisa menggenjot vaksinasi booster ketika PPKM telah divabut. Jika ini bisa dilakukan, maka ujung pandemi di Indonesia akan segera terlihat.

"Kalau modal proteksi dan imunitas dicabut, ini yang akhirnya akan membuat kita mundur lagi," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement