Usai 12 Tahun Berunding, Indonesia dan Vietnam Sepakati Batas ZEE

Andi M. Arief
22 Desember 2022, 15:57
vietnam, zee, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc (kiri) di veranda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Perundingan batas wilayah Indonesia dan Vietnam berdasarkan Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE telah rampung. Perundingan tersebut telah berlangsung selama 12 tahun atau sejak 2010.

"Indonesia dan Vietnam akhirnya dapat menyelesaikan perundingan mengenai garis batas ZEE kedua negara berdasarkan United Nation Convention on the Law of the Sea 1982," kata Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (22/12).

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pernyataan pers bersama dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuân Phúc. Nguyen mengatakan pihaknya mendorong adanya kebebasan navigasi sesuai hukum internasional dan UNCLOS 1982.

Oleh karena itu, Nguyen mendukung peran ASEAN dalam menjamin kedamaian dan kestabilan Laut Cina Selatan. Ia menilai hukum internasional dan UNCLOS 1982 harus diberlakukan di Laut Cina Selatan.

Sebagai informasi, United Nation Convention on the Law of the Sea atau UNCLOS 1982 mengatur terkait batas wilayah berdasarkan ZEE. UNCLOS 1982 mengatur batas wilayah laut sebuah negara adalah 200 mil laut dari garis pantai.

Nguyen juga menilai harus ada peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam di bidang keamanan dan pertahanan. Menurutnya, menurutnya, forum-forum internasional harus menyepakati perjanjian internasional terkait zona teritorial. 

"ASEAN dan PBB sepakat dengan beberapa hal, terkait isu-isu kawasan internasional termasuk status Laut Cina Selatan," ujar Nguyen. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...