Jokowi dan Presiden Vietnam Sepakat Genjot Kerja Sama Bidang EBT

Andi M. Arief
22 Desember 2022, 20:25
ebt, vietnam, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc memeriksa pasukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Presiden Joko Widodo telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuân Phúc di Istana Bogor, Kamis (21/12). Salah satu buah pertemuan tersebut adalah penguatan kerja sama di bidang energi bersih dan energi baru terbarukan atau EBT.

Buah pertemuan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman tentang kerja sama energi dan sumber daya mineral. Kerja sama tersebut dinilai dapat mendorong pengembangan energi bersih dan EBT dengan Vietnam.

"Hal ini dapat mendorong pengembangan pembangkit listrik tenaga matahari, tenaga hidrogen, dan smart grid," kata Presiden Jokowi di saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (22/12).

Selain itu, Presiden Widodo menyambut baik rencana kolaborasi dari Vietnam dengan beberapa perusahaan pelat merah di dalam negeri. Salah satu kolaborasi yang dimaksud adalah pemasaran sepeda motor listrik buatan Indonesia, Gesit, di Vietnam.

Jokowi mengatakan kolaborasi tersebut dilakukan oleh PT BTM dan PT WIKA Industri dan Manufaktur. WIMA adalah perusahaan patungan antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dan PT GESITS Technologies Indo.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...