Jokowi Resmikan 2 Bendungan di Bogor, Bisa Kurangi Banjir di Jakarta

Andi M. Arief
23 Desember 2022, 12:06
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jumat (23/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jumat (23/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan kering untuk mengurangi debit banjir di DKI Jakarta yakni Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Kedua bendungan tersebut terletak di dekat hulu Sungai Ciliwung, Jawa Barat.

Kedua bendungan tersebut mulai dibangun pada 2016 dan menelan anggaran negara hingga Rp 1,3 triliun. Presiden Jokowi mencatat kedua bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung sekitar 6,05 juta meter kubik.

"Kita harapkan kedua bendungan ini bisa mengurangi banjir yang ada di Jakarta kurang lebih 30,6%," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Jumat (23/12).

Jokowi menyatakan kedua bendungan tersebut dapat mengurangi debit banjir di Jakarta dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik. Alhasil, sebanyak 12 kelurahan tidak akan terdampak banjir di ibu kota.

Namun Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai penanganan banjir di Ibu Kota harus diikuti dengan penyelesaian infrastruktur lain, yakni sodetan antara Sungai Ciliwung dan aliran Banjir Kanal Timur atau BKT.

Jokowi menghitung penyelesaian sodetan tersebut dapat mereduksi banjir di DKI Jakarta menjadi lebih dari 50%. Artinya, wilayah yang terkena banjir dapat berkurang dari 468 hektar menjadi 211 hektar dengan pengoperasian dua bendungan kering dan sodetan tersebut.

"Proyek sodetan Sungai Ciliwung tersebut masih proses pembebasan lahan, kita harapkan Maret 2023 sudah selesai. Itu akan mengurangi banyak sekali wilayah yang sebelumnya tergenang jadi tidak," kata Presiden Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...