KSAL Ali Berharap Anggaran TNI AL Naik Untuk Perbarui Kapal Perang

Andi M. Arief
28 Desember 2022, 12:35
ksal, tni al, anggaran
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Presiden Joko Widodo (kanan) menyematkan tanda pangkat bintang empat kepada Laksamana Madya TNI Muhammad Ali saat dilantik menjadi Kepala Staff TNI Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Presiden Joko Widodo telah melantik Laksamana Madya Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Usai dilantik, Ali berjanji akan memperkuat alat utama sistem pertahanan atau Alutsista di bidang kelautan.

Adapun, salah satu jenis Alutsista yang akan diperkuat adalah Kapal Republik Indonesia atau KRI. Oleh sebab itu, ia berharap mendapatkan dana untuk memperbarui persenjataan.

"Mudah-mudahan anggaran TNI AL naik, saya harapkan demikian," kata Ali di Istana Negara, Rabu (28/12).

TNI AL mendapatkan anggaran Rp 23,6 triliun untuk tahun depan. Jumlah tersebut masih jauh di bawah alokasi untuk TNI Angkatan Darat senilai Rp 55,2 triliun.

Jokowi juga mengarahkan penguatan KRI terebut melibatkan industri perkapalan di dalam negeri. Pelibatan industri lokal akan meningkatkan angka tingkat komponen dalam negeri atau TKDN di TNI AL.

Belum lama ini, Kementerian Pertahanan telah menandatangani 20 kontrak pengadaan alat pertahanan dari luar negeri untuk maising-masing angkatan di TNI. Total nilai seluruh kontrak terebut mencapai Rp 67,5 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...