Petani Tak Khawatirkan Dampak Musim Hujan, Panen Masih Sesuai Jadwal

Nadya Zahira
2 Januari 2023, 19:55
petani, sawah, musim hujan
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/aww.
Buruh tani mencabut bibit padi dari persemaian di areal persawahan Desa Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (19/12/2022).

Kondisi cuaca di sejumlah wilayah Indonesia buruk sejak beberapa hari yang lalu. Meski demikian, petani tak khawatir kondisi ini mengganggu panen padi mereka. 

Ketua Umum Perkumpulan Penggiling Padi dan Pengusaha Beras atau Perpadi, Sutarto Alimoeso mengatakan kondisi ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Ini karena tak banyak sawah yang tergenang.

Advertisement

Selain itu, beberapa daerah di Jawa Tengah kemungkinan akan panen raya lebih cepat yakni awal April 2023. Adapun panen pertama kemungkinan akan terjadi pada Februari.

"Bahkan ada daerah-daerah yang Januari sudah panen, jadi kondisi musim hujan ini tidak mengganggu tanaman padi ya," ujarnya kepada Katadata.co.id, Senin (2/1).

Soetarto berharap, cuaca buruk yang disertai dengan musim hujan tidak terjadi terus menerus agar tidak berpotensi banjir. Ia juga meminta masyarakat dan pemerintah lebih memperhatikan kondisi El Nino (kondisi kekeringan) yang diprediksi akan terjadi pada Juni 2023.

Dia mengatakan terdapat beberapa daerah Indonesia yang berpotensi akan sangat terdampak akibat kondisi El Nino tersebut  Beberapa di antaranya adalah Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

Perpadi juga telah menggelar rapat dengan Kementerian Pertanian membahas permasalahan El Nino. Dari hasil rapat, satu-satunya cara agar petani tidak terdampak kekeringan adalah panen dan tanam kembali harus dilakukan bulan depan.

"Sehingga bulan Juli sudah panen. Bahkan sebelum El Nino datang, sudah panen kedua. Ini yang harus dicermati biar tidak lagi terjadi impor beras," tegasnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement