Pengelola Akan Terapkan Zonasi di Candi Borobudur, Berlaku Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
7 Januari 2023, 15:54
borobudur, candi, twc
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Umat Buddha menyambut kedatangan Bhiksu di altar Candi Borobudur saat doa bersama di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (20/11/2022).

Pengelola Candi Borobudur berencana menerapkan sistem zonasi di candi tersebut. Langkah ini diambil agar kepentingan konservasi, komersial, spiritual, dan edukasi dapat lebih tertata.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono mengatakan pemisahan akan dilakukan pada jalur yang digunakan pengunjung. Adapun sistem zonasi akan berlangsung mulai tahun ini.

Advertisement

"Mereka punya lokasi masing-masing, misalnya ada kegiatan spiritual maka lokasinya pasti di situ," kata Edi pada Sabtu (7/1) dikutip dari Antara.

Saat ini Badan Usaha Milik Negara tersebut masih berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Sedangkan sistem zonasi ini juga sudah tertuang dalam kesepakatan empat menteri dan dua gubernur.

"Kami tetap jadikan untuk fungsi yang ada, tapi dengan skala prioritas tertentu," katanya.

Sedangkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama, Supriyadi berharap ada titik temu pemanfaatan Candi Borobudur. Oleh sebab itu perlu ada kajian yang melibatkan beberapa institusi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement