Menhub Akan Tetapkan Lokasi Bandara VVIP IKN Pekan Depan

Andi M. Arief
16 Januari 2023, 17:45
ikn, bandara, ibu kota
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (kanan) dan Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio melihat layar yang menampilkan dunia virtual Jagat Nusantara saat peluncurannya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Kementerian Perhubungan akan menentukan lokasi bandara VVIP di dekat wilayah Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada Sabtu depan (21/1). Selain bandara, pemerintah akan mengevaluasi rencana pembangunan kereta api yang menghubungkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dan IKN Nusantara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengunjungi IKN Nusantara pada pekan ini. Tujuan kunjungan tersebut adalah menentukan kelanjutan rencana pembangunan bandara VVIP dan kereta bandara.

"Hari Sabtu aku ke sana lagi, aku akan temukan di sana," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (16/1).

Budi mengatakan infrastruktur perhubungan yang yang sudah pasti dibangun adalah pelabuhan di dekat IKN Nusantara. Pelabuhan tersebut akan menjadi alternatif akses Nusantara yang terhubung dengan Pelabuhan Semayang.

Alokasi anggaran untuk pembangunan pelabuhan tersebut mencapai Rp 200 miliar. Adapun, konsep pelabuhan tersebut adalah marina atau seperti Pelabuhan Sanur di Provinsi Bali.

Seperti diketahui, Pelabuhan Sanur memakan anggaran senilai Rp 398 miliar dan dapat menampung 26 kapal dengan bobot maksimal 116 gross ton (GT). Selain itu, Pelabuhan Sanur dapat melayani penumpang yang datang hingga 2.000 orang per hari.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...