Berpotensi Jadi Penyebab Banjir Rob Pesisir, Apa Itu Super New Moon?

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2023, 16:53
super new moon, banjir, rob
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Sejumlah kendaraan menerobos jalan yang tergenang banjir di jalan nasional jalur Pantura (Pantai Utara) Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (3/1/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada banjir pesisir alias rob yang berpotensi terjadi bersamaan fenomena fase bulan baru atau super new moon. Kondisi ini rentan terjadi di wilayah pesisir pantai.

Super new moon bersamaan dengan perigee bisa meningkatkan ketinggian air pasang. Perigee adalah fenomena di mana bulan berada pada titik terdekatnya dengan bumi.

"Fase bulan baru bersamaan dengan perigee pada 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, Selasa (17/1).

Rob berpotensi terjadi di pesisir Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, serta DKI Jakarta. Banjir juga berpeluang terjadi di pesisir Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Maluku, utara Papua, dan Papua Selatan.

"Potensi banjir rob berbeda waktu di tiap wilayah, (namun) secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir," kata Eko.

Apa itu New Moon?

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...