Jokowi Tak Khawatir Turis Cina Masuk Sulut Meski Covid Meningkat

Andi M. Arief
20 Januari 2023, 14:48
cina, turis cina, jokowi
Antara
Presiden Joko Widodo di Likupang, Sulawesi Utara, Jumat (20/1). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo tidak akan membatasi turis asal Cina masuk Sulawesi Utara bulan depan. Hal ini meskipun Negeri Panda masih dilanda kenaikan kasus Covid-19.

Jokowi mengatakan akses wisatawan asing maupun domestik ke daerah wisata di Sulawesi Utara sudah dibuka. Wisatawan asing asal Cina akan masuk berbondong-bondong ke Manado pada awal Februari 2023.

Advertisement

"Yang paling penting protokol kesehatan, tapi di Tiongkok saya lihat yang mau keluar juga sudah dicek semuanya oleh negara mereka," kata Presiden Widodo melalui saluran resmi Sekretariat Presiden, Jumat (20/1).

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan tidak akan ada persyaratan isolasi bagi wisatawan asing yang akan mengunjungi Sulawesi Utara. Pertimbangannya, angka kekebalan komunitas di dalam negeri telah mencapai 98,5%.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan tempat wisata di Sulawesi Utara telah dibuka untuk umum. Namun para turis akan melihat konstruksi di lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Sulawesi Utara, seperti Manado dan Likupang.

Mentan Wali Kota Solo ini mencatat pemerintah telah memperbaiki 50 rumah yang akan dipakai sebagai home stay. Seluruh rumah tersebut merupakan milik masyarakat lokal di Manado.

"Kami harapkan turis mancanegara bisa kembali lagi ramai masuk ke Manado, ke Sulawesi Utara, khususnya juga ke Bunaken," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement