Survei LSI: Ganjar Capres Terkuat, Prabowo dan Anies Saling Salip

Ameidyo Daud Nasution
22 Januari 2023, 17:24
ganjar, ganjar pranowo, anies baswedan, prabowo subianto
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) menari bersama usai upacara peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda di alun-alun kota Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022).

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih menjadi calon presiden yang paling banyak dipilih masyarakat. Hal tersebut terlihat dalam hasil penjaringan opini yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia pada 7 hingga 11 Januari 2023 lalu.

Dalam simulasi 19 nama, Ganjar dipilih oleh 27,2% responden. Sedangkan nama Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di bawahnya dengan elektabilitas 16,8% serta 16%.

Di bawah ketiga nama tersebut, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 7,2%. Setelahnya ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 2,4%.

"Ini saling berkejaran tapi Prabowo dan Anies berebut posisi kedua," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam pemaparan secara virtual, Minggu (22/1).

Dalam simulasi 10 nama, Ganjar tetap bercokol di peringkat satu dengan elektabilitas 29,2%. Sedangkan Prabowo melangkahi Anies Baswedan dengan elektabilitas 19,4% melawan 16,5%.

Elektabilitas Ridwan Kamil juga terdongkrak sedikit menjadi 8,7%. Sedangkan di posisi kelima adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mendapatkan 3,4% suara responden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...